Pendahuluan

Kebijakan Privasi ini mengatur tata cara di mana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, menyimpan, memproses dan mengelola informasi pribadi. Dengan mengunjungi atau menggunakan Situs Web Bekup dan mendaftarkan diri Anda dalam program Bekup, Anda dianggap telah membaca, dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, pemrosesan dan penanganan informasi pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi pada setiap saat. Anda sebaiknya meninjau kembali Kebijakan Privasi ini secara berkala sehingga Anda dapat mengetahui adanya setiap perubahan.


Menghargai Privasi Informasi

Kami mengenal pentingnya melindungi informasi pribadi sesuai dengan Peraturan Data Pribadi Indonesia (yaitu, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik) dan undang-undang, peraturan, kode praktik, pedoman atau pembimbingan setempat tentang perlindungan data pribadi yang berlaku sebagaimana dapat diterbitkan dari waktu ke waktu (sebagaimana keadaannya) (“Undang-Undang Privasi”).

Dalam mengumpulkan dan menangani informasi pribadi, kami terikat pada Undang-Undang Privasi, termasuk prinsip-prinsip/kewajiban-kewajiban perlindungan data pribadi di Indonesia dan peraturan privasi yang berlaku.


Informasi Pribadi Yang Kami Kumpulkan Tentang Anda

Semua orang dapat mengakses dan melihat materi di situs kami, namun untuk mendaftar ke dalam program Bekup, Anda perlu mengisi form Pendaftaran yang meliputi namun tidak terbatas pada nama, alamat, nomor telepon, email, pekerjaan, kepentingan pribadi Anda dan informasi lain apa pun yang diberikan. Kami berasumsi bahwa informasi yang Anda berikan adalah akurat dan benar. Apabila informasi yang diberikan tersebut ternyata terbukti tidak benar, maka kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian informasi dan perubahan-perubahan yang tidak benar tersebut.


Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Pribadi Anda

Semua informasi pribadi yang kami peroleh dari Anda secara sukarela pada saat Anda melakukan pendaftaran akan kami simpan, gunakan dan lindungi sesuai dengan undang-undang perlindungan data dan kebijakan privasi ini. Informasi Anda kami kumpulkan untuk dapat melakukan seleksi dan memberikan informasi terkait program Bekup. Informasi Anda akan dipakai untuk:

  • Melakukan proses seleksi dan seluruh aktivitas program Bekup
  • Memberikan update informasi terkait program Bekup
  • Menghubungi Anda untuk kepentingan survey, riset, dan umpun balik (feedback) terkait program Bekup agar Kami dapat meningkatkan kualitas program dikemudian hari
  • Kepentingan administrasi program Bekup
  • Baparekraf pada saat kondisi tertentu mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan informasi pribadi pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum. Baparekraf akan mengungkapkan informasi pribadi dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum.

Penggunaan dan Pengungkapan Informasi Pribadi Anda

Kami dapat:

  1. menggunakan informasi pribadi Anda (yaitu, nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon selular, nomor telepon tempat tinggal dan alamat email Anda) untuk menyediakan kepada Anda informasi tentang program Bekup dan program-program lainnya seputar entrepreneurship dan startup dari pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan program Bekup; dan
  2. menyediakan informasi pribadi Anda (termasuk nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon selular, nomor telepon tempat tinggal dan alamat email Anda) kepada (i) pihak terkait dalam penyelenggaraan program Bekup; dan (ii) badan pemerintahan lainnya untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi digital.

Kami tidak dapat begitu menggunakan informasi pribadi Anda kepada pihak lain untuk pemasaran langsung, kecuali kami telah menerima persetujuan dari Anda. Selanjutnya, kami akan memberikan kepada Anda kesempatan untuk meminta bahwa informasi Anda tidak digunakan untuk pemasaran langsung lebih lanjut di masa mendatang dalam komunikasi kami dengan Anda.


Keamanan

Kami berusaha untuk memastikan keamanan, integritas dan privasi dari informasi pribadi yang kami kumpulkan. Kami mengadakan penjagaan dan menggunakan tindakan keamanan yang wajar untuk melindungi informasi pribadi Anda dari akses, pengubahan dan pengungkapan yang tidak berwenang. Kami meninjau ulang dan memperbarui tindakan keamanan kami sehubungan dengan teknologi terbaru. Namun disayangkan, tidak terdapat transmisi data pada internet yang dapat dijamin aman sepenuhnya.


Pembatasan Tanggung Jawab

Baparekraf dalam pemanfaatan dan pengolahan informasi pribadi, termasuk transmisi data, sesuai dengan tujuan Kebijakan Privasi ini akan menerapkan keamanan sewajarnya termasuk memberikan enkripsi pada pemanfaatan dan pengolahan data tersebut. Pembatasan tanggung jawab Baparekraf adalah sebagai berikut:

Kami tidak bertanggung jawab atas pertukaran dan pemberian data dan informasi pribadi pengguna yang dilakukan oleh pengguna sendiri. Termasuk dalam ketentuan ini adalah setiap dan segala kesalahan pengguna yang mengakibatkan kebocoran informasi pribadi data pengguna.

Kami tidak bertanggung jawab atas keaslian, kebenaran, keakuratan dan kelengkapan informasi data pribadi yang diberikan oleh Pengguna ke dalam program Bekup.

Setelah melakukan pemberian informasi data pribadi maka pengguna telah menyetujui bahwa pengguna melepaskan hak atas klaim, kerugian, tuntutan, dan gugatan yang mungkin terjadi atas perolehan, penyimpanan, penggunaan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan informasi data pribadi dalam program Bekup.

Baparekraf tidak bertanggung jawab atas kebocoran data yang terjadi yang dikarenakan dan/atau terjadi selama Keadaan Memaksa. Keadaan Memaksa dalam hal ini meliputi tapi tidak terbatas pada pemogokan, penutupan perusahaan; huru-hara, kerusuhan, serangan atau ancaman teroris, ancaman atau perang; kebakaran, ledakan, bencana alam atau bencana non alam, epidemi atau pandemi; tidak adanya atau terganggunya jaringan telekomunikasi, informatika, listrik; terjadinya kegagalan sistem yang diakibatkan pihak ketiga di luar kewenangan Baparekraf; terjadinya kegagalan atau tidak berfungsinya sistem dan/atau jaringan perbankan; ketentuan perundang-undangan, peraturan dari pemerintah, putusan pengadilan. Dalam hal terjadi Keadaan Memaksa, Baparekraf akan memberitahukan Pengguna paling lambat 14 (empat belas) hari kalender sejak kejadian keadaan memaksa dan berusaha dengan kemampuan terbaiknya memenuhi kewajiban berdasarkan Kebijakan Privasi ini.


Perbaikan dan Akses

Kami akan berupaya untuk mengambil seluruh langkah yang wajar untuk menjaga keakuratan dan pembaruan atas setiap informasi yang kami simpan mengenai Anda. Jika pada setiap saat Anda menemukan bahwa informasi yang disimpan mengenai Anda adalah tidak benar atau Anda bermaksud untuk meninjau ulang dan menegaskan keakuratan informasi pribadi Anda, Anda dapat menghubungi kami.

Anda juga dapat memperoleh akses ke informasi pribadi mengenai Anda yang kami simpan, dengan tunduk pada pengecualian-pengecualian tertentu yang diatur oleh hukum. Untuk meminta akses ke informasi pribadi Anda, silahkan menghubungi kami.

Anda juga dapat memberitahukan kepada kami untuk membatasi pemrosesan atau menghentikan pemrosesan informasi pribadi Anda. Untuk melaksanakan hak ini, silahkan menghubungi kami.